Tips Memulai Bisnis Properti Dari Nol Hanya Dengan Modal Kecil

Bisnis properti memang menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak pernah mati dan sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan tempat tinggal menjadi sebuah kebutuhan yang utama bagi manusia dan tidak akan pernah lekang dimakan oleh waktu. Dan karena inilah banyak orang yang memiliki rencana untuk membangun bisnis properti karena keuntungan besar yang dimilikinya. Akan tetapi saat ingin memulai bisnis property, salah satu hal yang terlintas di pikiran adalah modal yang dibutuhkan sangat besar. Bagi yang memiliki dana besar, hal ini tentunya bukan masalah besar. Namun bagaimana bagi seseorang yang memiliki dana terbatas? Apakah tidak bisa? Karena kondisi seperti ini tak jarang pebisnis kemudian mengurungkan niat untuk membangun bisnis ini.

Sebenarnya bisnis seperti ini tak selamanya harus menggunakan modal yang besar, bahkan anda bisa menjalani bisnis ini tanpa modal. Sebenarnya modal utama yang paling penting dalam menjalani bisnis semacam ini adalah ketrampilan dalam berbicara. Dan semua orang tentunya sudah dibekali kemampuan ini sejak dilahirkan, tinggal bagaimana mengasah skill ini agar menjadi semakin baik.

Tips Bisnis Properti Hanya Dengan Modal Kecil

Bagi anda yang ingin menjalani bisnis property dengan modal kecil, anda bisa mencoba cara memulai bisnis properti seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Memulainya Dari Nol

Dalam membangun bisnis property, pengalaman sebenarnya menjadi hal yang sangat penting bahkan melebihi modal. Dengan modal pengalaman, anda juga bisa membangun bisnis property mulai dari nol. Saat anda membangun bisnis dari awal, anda akan memiliki banyak keahlian dibandingkan dengan pengusaha bisnuis lainnya yang memulai bisnis dari level tengah. Pengalaman yang sangat berharga inilah yang bisa sangat membantu dalam berbisnis. Anda bisa belajar mengenai cara untuk mengatasi kegagalan dan berbagai permasalahan dalam bisnis. Dan saat anda sukses, pengalaman tersebut tidak akan ada bandingannya. Setelah anda terbiasa bertahun-tahun menjalani hal tersebut secara langsung, baik keahlian maupun mental anda sudah terasah dengan baik. Yang paling penting adalah jangan patah semangat dan selalu belajar dari kegagalan-kegagalan yang pernah dilalui hingga sukses.

Dimulai Dari Lingkungan Anda

Bisnis propertiTak perlu jauh-jauh pada cara bisnis properti, anda bisa memulainya dari lingkungan yang ada di sekitar anda. pastinya ada beberapa orang di sekitar anda yang memiliki keinginan untuk menjual atau membeli rumah. anda bisa mencobamengikuti dan mengamati pembicaraan seperti ini. Tanyakan dengan detail, jenis rumah dan lokasi mana yang diinginkan. Bagi anda yang baru memulai bisnis di bidang ini, anda dapat belajar bisnis properti ini dengan baik. selain itu pun, tidak ada perjanjian jika anda harus bisa mencarikan rumah hingga dapat. Sehingga bisnis ini memiliki sifat “nothing to lose”. Namun tetap saja, anda harus fokus dan rajin dalam mencari properti sehingga hasilnya juga tidak sia-sia.

Mencari Calon Penjual Rumah

Saat anda sudah berdiskusi panjang dengan calon pembeli, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mencari calon penjual. Untuk hal ini, pertama-tama anda bisa rajin datang ke lokasi perumahan maupun pameran property yang sedang berlangsung di daerah yang terdekat dari anda. perlu anda ingat jika lokasi rumah akan sangat berpengaruh terhadap minat konsumen dan harga property. Sehingga anda wajib untuk menggali informasi sebanyak mungkin sehingga calon pembeli bisa memiliki gambaran yang lengkap terkait pilihan rumah yang ada.

Coba Tawarkan  Kerja Sama

Bisnis propertiSetelah anda menemukan penjual yang cocok, maka kini saatnya anda menawarkan kerja sama. Dan ada baiknya jika perjanjian kerja sama ini dituliskan dalam sebuah kertas sehingga lebih jelas dan tidak akan merugikan kedua belah pihak. Jangan lupa untuk menanyakan tentang detail rumah yang akan dijual, mulai dari luas, harga, kondisi rumah, kondisi lingkungan sekitar, lantai, dan cara pembayaran yang diinginkan serta komisi yang bisa anda dapatkan jika berhasil menjual rumah tersebut. Setelah perjanjian kerja sama disepakati, maka anda bisa mencari calon pembeli. Perlu juga anda ketahui jika anda harus menyampaikan dengan detail dan benar, tanpa dilebih-lebihkan tentang kondisi property yang ingin anda jual. Jangan berlaku tidak jujur dalam bisnis, jika ini anda lakukan bukan tidak mungkin jika nantinya banyak calon pembeli yang tidak ingin menggunakan jasa anda.

Rajin Cek Iklan

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis properti adalah penting bagi anda sebagai pelaku bisnis memperbanyak pengetahuan tentang trend dan kebutuhan pasar yang ada saat ini. Sehingga bagi anda yang ingin belajar bisnis property, jadilah sosok yang selalu ingin tahu hal hal yang baru. Untuk itu upayakan untuk rutin mengecek iklan-iklan property melalui berbagai media, seperti koran hingga internet. Anda bisa mencoba untuk menjadi makelar property sembari menawarkan property kepada teman maupun kerabat. Dalam proses inilah yang akan membangung pengalaman serta keuntungan besar bagi anda.

Mark Up Porperti Dengan Harga Yang Tepat

Bisnis properti

Sebagai pelaku bisnis property, anda harus pintar dalam mark up property yang ingin anda jual. Meksipun berada di area yang sama, harga property bisa berbeda satu sama lainnya. Mulai dari pengaruh perbedaan kondisi bangunan, luas tanah, fasilitas, akses kendaraan, maupun fasilitas umum yang ada di sekitar. Untuk itulah anda harus cermat dalam memasarkan objek property. Mulailah untuk meninjau kembali harga yang anda tawarkan, apakah suah sesuai dengan kualitas dari property tersebut atau tidak. Hal ini dilakukan sehingga pembeli tidak merasa kecewa dengan penawaran harga yang diberikan.

Gunakan Teknik Promosi Dengan Baik

Bisnis properti

Dalam menjalankan bisnis, tentu saja dibutuhkan promosi untuk mengenalkan barang/jasa yang anda miliki. Saat ini salah satu teknik promosi yang paling efektif dan minim budget adalah dengan menggunakan media online. anda bisa menggunakan sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya. cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat website gratis menggunakan wordpress.com atau blogger.com. website ini nantinya bisa membantu mempertemukan pihak penjual dan pembeli. Pemaasaran melalui media online akan semakin memperluas network anda

Nah itu tadi berbagai tips yang bis anda coba untuk memulai bisnis properti dengan menggunakan modal kecil.  Dengan modal kecil sekalipun, anda masih bisa memulai bisnis property yang anda inginkan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.