Kunci Sukses Jadi Pebisnis Hebat dan Handal

Membangun bisnis dengan sukses bukan hal mudah. Butuh perjuangan untuk bisa mengembangkan bisnis dan bisa diterima di kalangan masyarakat. Sebagai seorang pebisnis sudahkah Anda memiliki mental yang akan dijelaskan di bawah ini? Simak bagaimana pola pikir seorang pebisnis dan kunci sukses menjadi seorang pebisnis!

Kunci Sukses Pebisnis Handal

Pebisnis bukan perihal orang yang memiliki banyak usaha. Pebisnis merupakan pekerjaan yang berisiko tinggi. Jadi pebisnis hebat juga bukan karena keberuntungan atas dirinya. Banyak hal yang harus ditempa untuk siap menghadapi tiap tantangan yang diterima.

1. Sikap Pantang Menyerah

Inilah salah satu kunci sukses dari berbagai sikap yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Sikap ini bisa dibentuk dari pikiran pebisnis yang ingin memperbesar bisnisnya sehingga menjadi sukses. Dalam bisnis, tidak jarang kegagalan sering muncul. Tidak ada bisnis yang berjalan secara mulus.

Kegagalan yang terjadi dalam bisnis itu yang harus dijadikan motivasi untuk berubah. Jangan sampai kegagalan itu terulang kembali. Jika bisnis yang Anda bangun mengalami kegagalan, jangan menyerah. Karena menyerah atas kegagalan malah akan membuat Anda semakin terpuruk dikemudian hari.

Jadilah pebisnis yang berani, menghadapi risiko saat terjadi kegagalan. Ini pola pikir yang harus ditanamkan dalam jiwa seorang pebisnis. Setiap pebisnis hebat seperti Jack Ma, Bob Sadino, Mark Zuckerberg juga pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Sikapnya yang tak mudag menyerah menjadikan mereka memetik buah manis atas perjuangannya selama ini.

2. Tidak Mudah Mengeluh

Mengapa banyak pebisnis yang mengalami kegagalan? Karena mereka sangat mudah mengeluh atas sesuatu yang dirasakan berat untuk dilakukan. Inilah faktor banyaknya pengangguran di Indonesia. Bekerja dan berbisnis banyak tekanan, tantangan dan risiko tinggi, mengeluh tidak akan menyelesaikan ketiga masalah itu.

Kebanyakan mental pebisnis dan generasi saat ini menjadi down ketika menghadapi persaingan, kegagalan, lingkungan kerja dan faktor lainya. Hal ini harus diubah, untuk memiliki sikap seperti ini kunci sukses jadilah orang yang ‘cuek’. ‘Cuek’ disini memberi artian tidak mudah memikirkan masalah yang terjadi dalam pekerjaan atau dalam bisnis secara berlarut-larut dan fokuslah pada tujuan utama Anda yaitu SUKSES.

3. Bertanggung Jawab

Sikap tanggung jawab wajib dimiliki setiap pebisnis jika ingin dipercaya oleh orang lain dan menjadi pebisnis yang hebat. Tindakan yang diambil pasti ada risikonya dan tantangannya, untuk itu pebisnis harus memiliki sikap tanggung jawab untuk menerima akibat yang didapat dalam setiap tindakan. Sikap inilah kunci sukses seorang pengusaha jika terus diterapkan dalam bisnis, hasil akhirnya akan cemerlang.

4. Tidak Kaku dan Berwawasan

Kunci sukses pebisnis handal itu memiliki sikap yang tidak kaku dalam menyaring informasi yang ada. Perkembangan zaman terutama di Era milenial ini banyak sekali perubahan yang terjadi tak hanya di masyarakat tetapi di dunia. Seorang pebisnis handal akan mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman. Berfikirlah secara luas dan tidak kuno.

Selain sifat tidak kaku, seorang pebisnis handal juga tidak akan pernah berhenti belajar. Jika dirasa pengetahuan mereka kurang,mereka tidak segan mencari informasi terbaru. Sehingga wawasan mereka menjadi luas dan bisa dengan mudah memikirkan untuk mengembangkan bisnis.

5. Ulet dan DIsiplin

Sikap selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah ulet dan disiplin. Sikap ulet atas usaha yang dilakukan berkesinambungan dengan sikap tidak mudah menyerah. Ulet merupakan sikap yang menunjukkan kefokusan seseorang untuk tujuan yang ingin dicapai. Sikap ulet juga harus dibarengi dengan sikap sabar dalam menghadapi kegagalan.

Kunci sukses pengusaha, untuk membentuk sikap yang ulet ini Anda harus memiliki motivasi yang kuat. Untuk memperoleh motivasi belajarlah dari pengalaman orang-orang hebat disekitar anda maupun tokoh bisnis dunia. Sikap tidak mudah bosan terhadap apapun yang dilakukan secara rutin dan berusahalah mencintai bisnis yang Anda rintis saat ini.

Selain sikap ulet, kedisiplinan perlu dipupuk untuk menjadi seorang pebisnis. Semua bisnis ada aturannya dan tidak bisa dilakukan secara seenaknya atau ‘asal-asalan’. Bagi pebisnis yang tidak disiplin, kegagalan mungkin bisa saja terjadi dalam bisnisnya.

Relasi dan rekan kerja tentunya enggan berbisnis dengan orang yang tidak disiplin dengan aturan. Tentu ketidakdisiplinan itu harus diubah agar bisnis yang dirintis hasilnya jauh lebih baik.

6. Bisa Menganalisa dan Memprediksi

Seorang pebisnis hebat akan mampu menganalisis tiap risiko yang akan ditemui dalam bisnisnya di masa mendatang. Berfikir dan menganalisis ini harus terus diasah jika ingin sukses dalam bisnis. Selain menganalisis kejadian dan risiko yang akan terjadi, pentingnya memikirkan solusi terhadap risiko yang akan ditemui.

Terus asah kemampuan menganalisis dengan melihat kasus dari bisnis yang terjadi. Hal ini bisa dilihat dari berita, internet dan koran. Tidak ada salahnya dalam belajar menganalisa suatu hal karena ini yang akan benar-benar Anda butuhkan dalam bisnis Anda.

7. Berani Terjun pada Kondisi Kritis

Sikap terakhir yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah berani dalam menghadapi kondisi kritis. Dalam berbisnis tak dapat dipungkiri, Anda akan mengalami banyak kerugian dan hal paling kritis yang terjadi dalam bisnis adalah kebangkrutan. Sebelum menjadi perusahaan yang besar, pasti pernah mengalami kondisi kritis.

kunci sukses Berani Terjun pada Kondisi Kritis

Jika Anda ingin menjadi pebisnis yang sukses, singkirkan rasa takut akan kondisi seperti ini. Rasa takut dan terpuruk saat kondisi kritis sangat tidak dianjurkan. Yang terpenting adalah jika mengalami kebangkrutan atas usaha Anda, fikirkan cara untuk bangkit kembali dan jangan ulangi kesalahan yang sama.

Kunci Sukses Membangun Bisnis Kembali Saat Kondisi Terpuruk

Setelah mempelajari sikap yang harus ditanamkan dalam diri seorang pebisnis. Sekaranglah tips yang tepat untuk membangun bisnis kembali jika bisnis Anda mengalami kegagalan.

  1. Jangan pernah mengulang kesalahan yang pernah Anda lakukan ketika mengalami kegagalan dalam bisnis. Kesalahan yang mungkin saja dilakukan seperti terlalu boros dan tidak memisahkan kepentingan bisnis dan kepentingan pribadi, mudah menyerah, mudah bosan dan kurang disiplin terhadap bisnis.
  2. Membuat produk yang tengah popular di masyarakat namun dengan menggunakan budget seminimal mungkin. Bisnis tidak hanya melulu soal uang, tapi jika anda bisa mengolah kreativitas dan ide apapun bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Jangan lupa harga jual juga perlu diperhitungkan agar bisa bersaing dengan pebisnis lainnya.
  3. Membuat target pemasaran produk yang Anda buat. Fikirkan kembali apakah produk yang Anda pasarkan menjangkau semua kalangan atau tidak dan jangan terpacu untuk memasarkan produk hanya pada satu kalangan saja.
  4. Perhatikan kembali kualitas produk yang Anda miliki. Jadilah pebisnis yang teliti dalam memperhatikan kualitas produknya.
  5. Menyebarkan bisnis baru Anda di berbagai tempat termasuk di media social dan Internet. Tawarkan produk kebanggaan Anda dan jelaskan apa yang membuatnya Istimewa. Dalam menyebarkan informasi ini sebaiknya dibuat semenarik mungkin.