6 Tips Mudah Agar Usaha Warung Kopi Sukses

6 Tips Mudah Agar Usaha Warung Kopi Sukses

Usaha Warung Kopi – Indonesia merupakan negara produsen kopi yang besar dan berkualitas. Hal ini membuat Indonesia berpeluang untuk memproduksi kopi setiap harinya yang tentunya akan berdampak positif pada para pengusaha warung kopi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Data dan Informasi Pertanian dari Kementrian Pertanian bahwa pada tahun 2016 sampai 2021 rata-rata masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi kopi mengalami pertumbuhan sebesar 8,22% setiap tahunnya.

Inilah yang menjadi alasan mengapa sekarang banyak usaha warkop atau warung kopi yang mudah anda temukan dimana-mana. Akan tetapi, dalam memulai usaha ini tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa tips yang akan kami berikan agar usaha warung kopi anda berjalan lancar dan sukses.

Menyiapkan konsep

6 Tips Mudah Agar Usaha Warung Kopi Sukses - Menyiapkan Konsep

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah siapkan konsep warkop yang akan anda buka. Sekalipun anda ingin menjalankan usaha warung kopi sederhana tetap saja harus dimulai dengan konsep terlebih dahulu. Inilah yang dinamakan sebagai business plan dimana anda memikirkan beberapa pertanyaan seperti tujuan, siapa pesaing anda, apa kelebihan produk anda, dan juga siapa target atau konsumen anda.

Menentukan target

6 Tips Mudah Agar Usaha Warung Kopi Sukses - Menentukan Targent

Tips agar usaha warung kopi anda sukses adalah dengan mengetahui siapa konsumen yang anda incar. Misalnya, ketika anda ingin mendirikan usaha warung kopi yang pelanggannya para remaja, maka anda juga harus membuat berbagai menu yang menarik dan sesuai dengan jiwa para pemuda. Selain itu, anda juga bisa membuat usaha warkop dengan wifi karena sekarang anak muda atau hampir semua yang datang ke warung kopi juga ingin memanfaatkan wifinya.

Kemudian, suasana warung juga harus anda buat sesuai dengan jiwa para anak muda tersebut. Sementara itu, jika anda berencana untuk mendirikan warkop yang nanti akan digunakan untuk keperluan rapat kantor, anda bisa melengkapinya dengan menu makanan ringan atau menu lainnya yang sesuai dengan yang biasanya mereka konsumsi.

 Mencari lokasi yang tepat

6 Tips Mudah Agar Usaha Warung Kopi Sukses - Mencari Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan salah satu faktor yang akan menentukan apakah usaha anda bisa sukses atau malah gulung tikar. Tidak sedikit orang yang sudah mendirikan usahanya dengan konsep dan target yang tepat. Akan tetapi, dikarenakan lokasinya yang kurang pas sehingga membuat usaha warkop yang didirikannya tersebut malah tumbang.

Oleh sebab itu, pilihlah lokasi yang tepat agar usaha anda bisa dikenal banyak orang. Jadi, memiliki usaha warung kopi wifi saja tidak cukup. Lengkapilah dengan jelas tentang lokasi warkop anda. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar apakah sudah bersih dan aman atau tidak.

Pilih barista yang sesuai

6 Tips Mudah Agar Usaha Warung Kopi Sukses - Pilih barista yang sesuai

Sebelum Anda mulai mencari barista, ada hal yang harus anda tanyakan pada diri anda sendiri. Apakah anda hendak mencari barista yang pandai meracik kopi atau mencari barista yang memiliki kemampuan untuk melakukan sosialisasi tinggi. Lalu anda harus memilih yang mana? Kami sarankan agar anda memilih keduanya atau mungkin bisa salah satunya yang menurut anda paling sesuai untuk meramaikan usaha anda.

Media sosial sebagai sarana promosi

Sekarang jamannya media sosial. Semua hal bisa disebarluaskan dengan mudah dan cepat melalui media sosial. Anda bisa menjadikan media sosial sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan produk anda. Yang harus anda lakukan adalah membuat akun media sosial yang isinya tentang konten-konten menarik tentang kopi yang anda jual. Jika anda tidak bisa menjadi admin karena keterbatasan waktu, pilihlah orang yang benar-benar tepat untuk menjadi sosial media officer.

Cari supplier yang bagus

Memilih supplier yang bagus juga merupakan hal yang wajib anda pertimbangkan. Jika anda salah memilih supplier, maka bisa berpengaruh terhadap usaha kopi anda karena ketersediaan barang yang terbatas. Selain itu, anda harus mencari supplier yang lokasinya tidak jauh dari tempat anda untuk menghemat biaya produksi.