Pengertian dan Contoh Analisa Usaha

Pengertian dan Contoh Analisa Usaha

Apa itu analisa usaha? Analisa usaha merupakan sebuah analisa yang penting dilakukan oleh para pelaku UKM. Mengapa? Karena analisa usaha merupakan sebuah bentuk rencana bisnis yang didapatkan dari 4 sisi utama. Keempat sisi tersebut antara lain: kekuatan atau strength, kelemahan atau weakness, kesempatan atau opportunity, dan ancaman atau threat sehingga membentuk sebuah singkatan SWOT.

Untuk membuat sebuah analia usaha sebenarnya gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Karena biasanya ketika kita sudah menentukan kira-kira produk atau jenis usaha yang akan kita tekuni, namun kita malah kebingungan menentukan siapa target atau konsumen yang akan menjadi sasaran kita. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat sebuah analia usaha usaha agar uasha yang ktia jalani sesuai dengan yang kita inginkan.

Pengertian Analisa Usaha

https://www.pojokbisnis.com/wp-content/uploads/2018/03/Usaha-Modal-10-Juta-Ayam-Geprek-1280x720.jpg

Pengertian analia usaha atau analisa SWOT adalah sebuah proses evaluasi maupun analisa mengenai bisnis apa yang akan kita jalani beserta konsumen yang menjadi target kita. Selain itu, analia usaha juga mempertimbangkan kira-kira apa hambatan atau resiko yang akan kita hadapi ketika menekuni usaha tersebut.

Membuat sebuah analia usaha sangat penting karena kita bisa melakukan identifikasi terhadap apa saja kebutuhan bisnis serta menentukan solusi apa yang bisa kita ambil ketika dihadapkan oleh permasalahan tertentu.

Manfaat Analisa Usaha

https://bisnisukm.com/uploads/2011/06/kiat-memulai-usaha.jpg

Bagi para pelaku bisnis, analia usaha sangat bermanfaat karena pada dasarnya analia usaha merupakan sebuah strategi untuk menentukan keberlangsungan dari usaha kita. Selain itu, analia usaha juga bermanfaat untuk mengetahui apa saja faktor ekternal dan internal yang dapat meningkatkan usaha kita maupun yang dapat mempengaruhi bisnis yang dijalani tersebut.

Manfaat lain yang bisa kita peroleh dengan adanya analia usaha atau analisa SWOT adalah untuk menentukan kira-kira prioritas mana saja yang perlu untuk didahulukan. Tanpa memiliki sebuah analia usaha, maka kita akan kesulitan untuk mengetahui prospek pasar, minat, dan juga peluang pasar beserta resiko apa saja yang sudah menunggu kita di depan

Contoh Analisa Usaha

Di bawah ini akan kami berikann informasi yang berkaitan dengan beberapa contoh analia usaha:

1. Kekuatan atau Strength

Beberapa contoh yang masuk ke dalam kategori kekuatan atau strength antara lain:

  • Harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat
  • Konsep maupun gaya yang dtawarkan sesuai dengan perkembangan zaman atau kekinian atau trendy.
  • Lokasi usaha yang dapat dijangkau serta tempatnya yang aman
  • Memiliki forum maupun website pribadi yang berfungsi sebagai kontak delivery order
  • Memiliki jaminan dalam ketersampaian barang

2. Kelemahan atau Weakness

Adapun contoh dari analia usaha yang masuk ke dalam kategori kelemahan yakni:

  • Kekurangan dalam menyediakan barang dimana biasanya konsumen harus menunggu ketika ingin memesan barang
  • Kekurangan modal dalam mengembangkan usaha
  • Memerlukan modal yang besar untuk membeli barang
  • Masih belum menemukan atau membuat sebuah brand atau merk unggulan

3. Kesempatan atau Opportunity

Sementara itu yang termasuk ke dalam analia usaha bidang opportunity yaitu:

  • Masih sedikit toko yang menyediakan sebuah forum yang bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi
  • Permintaan pasar selalu ada dan juga didukung dengan adanya tren produk yang terus-menerus berkembang
  • Memanfaatkan media sosial di dalam mempercepat dan memperluas pemasaran produk, ditambah lagi dengan dukungan para influencer yang sesuai dengan target.

4. Ancaman atau Threat

Lalu yang termasuk ke dalam analia usaha bidang ancaman atau threat yakni:

  • Mulai banyak toko yang menjual produk atau barang yang sama atau bahkan malah menawarkan harga yang lebih murah
  • Harga yang dibandrol oleh supplier mengalami peningkatan, ditambah dengan perubahan peraturan pajak yang diterapkan oleh pemerintah.

Dari semua contoh analia usaha di atas menunjukkan bahwa sangat penting bagi para pelaku usaha untuk memahami betul seperti apa kondisi keuangan usaha yang dimilikinya. Pelaku usaha juga harus memahami kira-kira peluang dan resiko apa yang harus mereka hadapi di kemudian hari. Oleh karena itu sebelum mendirikan usaha, disarankan untuk membuat sebuah analia usaha agar bisa menghindari hal-hal yang dapat mempengaruhi kemajuan atau keberlangsungan usaha kita.